Selasa, 27 Januari 2009

Wise Word

KATA-KATA YANG TERTUNDA
DAN TIDAK DISENGAJA
Oleh : Yusnadi Nazar
***
Hak cipta tulisan ini milik penulis yang tersebut di blog ini, dan dilindungi oleh Undang-undang. Dilarang mendownload, mengcopy, dan/atau menggunakan tulisan ini dalam bentuk / keperluan apapun tanpa seijin penulis
***

Aku memiliki keberanian karena aku belajar dari ketakutan ku sendiri dan aku memiliki ketakutan terhadap tuhan karena aku memiliki keberanian melawan setan
****
Kawanku berkata “jangan tepuk punggung ku jika aku sedang berkhayal dan mungkin saja aku berkhayal mengenai harmoni keindahan, dan lalu mejawab “jika kau berkhayal akan ku tepuk punggung mu untuk menyadarkan mu agar kita bisa membicarakan apa yang di sebut harmoni keindahan”
****
Aku menjadi seorang yang giat dalam bekerja karena kemaren aku melihat tangan yang meminta-minta dan aku tidak mau menjadi tangan-tangan seperti itu di jalan yang banyak dilewati orang
****
Kemaren aku mendengar percakapan antara dua orang, orang pertama bertanya “bagaimana kau bisa menjadi orang besar dan di hormati? Orang kedua menjawab “karena aku berusaha untuk sabar pada saat aku menjadi orang kecil”
****
Seseorang yang berhasil dalam hidupnya mempunyai masa lalu sebagai seseorang yang menerima kegagalan dengan lapang dada
****
Lebih baik menjadi orang miskin yang menerima daripada menjadi orang kaya yang tidak pernah memberi
****
Menurut pandangan orang cinta itu buta, tapi menurutku cinta itu tidak buta, karena cinta adalah mata dari hati kita
****
Seolah-olah cinta sejati mu mempunyai kaki untuk berlari, maka dari itu kejarlah cinta sejati itu

Seorang pengamen jalanan bernyanyi tentang kerasnya kehidupan, kemudian aku bertanya padanya, “kau tahu bahwa hidup ini keras tetapi kau tetap menghadapinya juga, mengapa? dan pengamen jalanan menjawab, karena perut ‘si kecil’ belum terisi
****
Jika umur kita panjang, jangan berhenti hanya sampai di negeri cina kita menuntut ilmu, tetapi sampai matahari terbit di sebelah barat
****
Seorang kakek tua berkata padaku, “jika ananda ingin berhasil dalam menjalani kehidupan, maka jangan pernah lupa pada tuhan, tetapi perangilah setan-setan yang telah mengkhianati tuhan
****
Jika ingin kedamaian jangan berperang, jika ingin perang jangan bicara kedamaian
****
Jika ingin menjadi manusia sejati, maka hormatilah mereka yang menimang mu
****
Lebih baik aku putus cinta dengan seseorang daripada putus tali silaturahmi dengan seseorang
****
Cinta tidak memandang kelebihan dan kekurangan, tetapi cinta melihat kebesaran dan keikhlasan hati
****
Waktu aku kecil orang tua ku berkata, “suatu hari nanti kau harus menjadi orang besar”, setelah aku dewasa orang tua ku kembali berkata. “untuk menjadi orang besar harus menjadi orang kecil terlebih dahulu”
****
Jika ingin mencintai orang lain, belajarlah mencintai keluarga dan saudara mu
****
Terpikirkah olehmu dan olehku bahwa kesederhanaan diri adalah cerminan kekayaan hati
****
Seseorang bertanya pada ku, “Apa yang akan kau lakukan jika jalan di depanmu adalah jalan buntu, sementara di sebelah kanan dan kirimu adalah jalan setan? Aku menjawab, “aku akan berbalik arah dan terus berjalan hingga aku dapat menemukan jalan kebenaran
****
Terkadang kita mengalami sakit hati, tetapi jangan sampai kita memiliki hati yang sakit
****
Sahabat kadang berkhianati, pergi disaat kita hancur, mungkin sahabat terbaik adalah diri kita sendiri
****
Kejujuran dalam hidup melahirkan kesederhanaan di dalam diri, sedangkan kemunafikan dalam hidup melahirkan kebohongan di dalam diri
****
Lebih baik berbicara tentang air mata daripada berbicara tentang ketidakadilan
****
Aku pernah mendengar cerita : ada seorang kaya yang jatuh miskin karena keangkuhan, ketamakan dan kemunafikannya, ada juga seorang miskin menjadi kaya karena kesedehanaan, kemurahan hati dan kejujurannya
****
Jika kau menyebut dirimu cinta sejati untuk dia, maka kau harus sehidup semati dengannya
****
Baju berlapis emas mampu menutupi kekurangan pada tubuh pemakainya, tetapi baju berlapis emas belum tentu dapat menutupi kebusukan hati pemakainya
****
Perang untuk jalan kebenaran dan keadilan elok di mata tuhan, tetapi perang atas nama kedamaian yang mengorbankan darah yang tidak bersalah sangat dibenci tuhan
****
Aku sering berbohong dan menghindar pada saat orang-orang menanyakan siapa diriku dan apa yang kucari di dunia yang luas ini
****

Apa yang membuatmu mengatakan dirimu pintar, jika ilmu yang kau dapat tidak kau akui berasal dari tuhan
****
Tuhan menciptakan manusia untuk berkolaborasi dengan alam, bukan untuk memisahkan diri dari alam
****
Dimana ada cobaan dan rintangan, mungkin di situlah adanya keberhasilan dan dimana ada kesedihan dan air mata mungkin di situlah adanya kebahagiaan
****
Seorang penulis menulis bait-bait puisi dengan apa yang dilihat oleh matanya dan apa yang didengar oleh telinganya serta mencampurnya dengan pemikiran yang ada dalam kepalanya
****
Dalam menjalankan peran pada panggung alam ini, lebih baik aku mati sebagai malaikat tanpa sayap daripada hidup sebagai setan yang bertanduk
****
Cinta bisa membuat kita kuat dan tangguh tetapi cinta juga bisa membuat kita kehilangan arah dan putus asa
****
Jangan pernah mundur selangkah apabila belum mencoba, jangan pernah mundur selangkah apabila gagal pada saat mencoba
****
Menurutku cinta itu datang melalui jiwa-jiwa yang tenang bukan melalui jiwa-jiwa yang terpaksa
****
Malam ini orang-orang kaya tidur dengan tenang, sementara disisi lain orang-orang miskin berpikir tentang esok hari untuk mendapatkan sesuap nasi
****
Cinta dapat mengubah perasaan tetapi kadang perasaan tidak dapat dirubah oleh cinta
****

Bagaimana kita ingin disegani dan dihormati, jika kita berdiri di atas kepala orang lain
****
Aku pernah mencintai seorang perempuan, tetapi ia menolakku, hancur hatiku sesaat, tetapi bagaimana jika perempuan yang aku cintai itu mencintai lelaki lain dan lelaki itupun menolaknya, hancurkah hatinya ?
****
Di dunia ini aku berusaha dan berdoa untuk memberikan yang terbaik bagi diriku dan orang lain, tetapi aku akan kelihatan bodoh jika ingin memberikan yang terbaik bagi diriku dan orang lain tanpa berbuat satu apapun
****
Cinta tidak memandang agama, aku terima pendapat seperti itu, tetapi aku lebih memilih agama ku daripada cinta, karena agama ku telah mengatur cinta untuk diriku
****
Mungkin seseorang harus membagi cintanya untuk orang lain, karena cinta merupakan harmonisasi dari jiwa dan hati
****
Cinta merupakan harmonisasi dari jiwa dan hati, keindahan merupakan harmonisasi dari pandangan dan penilaian, sedangkan kesederhanaan merupakan harmonisasi dari kejujuran dan kesabaran
****
Aku dan temanku bertanya kepada seorang yang bijak, “bagaimana kami bisa menilai dirimu?apakah kau dilahirkan sebagai si baik atau si jahat? Kemudian ia menjawab nilailah diri sendiri terlebih dahulu baru kau bisa menilai diriku”
****
“Aku ingin hidup tanpa bantuan orang lain” katakan hal seperti ini di depan temanmu, tanpa permisi dia akan meninggalkan mu sendiri
****
Hatiku pernah berontak pada saat mulutku bicara lantang tetapi tanpa isi dan bukti
****
Doa tanpa usaha sama seperti roh tanpa jiwa dan usaha tanpa doa sama seperti tubuh tanpa tulang
****
Barangkali merdeka bukan berarti kebebasan, tapi merdeka berarti keputusasaan dan kesengsaraan
****
Aku senang bekerja menjadi penyapu jalan untuk orang lain daripada aku bekerja menjadi penyapu harta orang lain
****
Jiwa ku ternoda dan terhina pada saat aku menjadi murah hati karena di puja puji
****
Jika kau ingin mendambakan surga, ciumlah bumi lima kali sehari, tetapi jika ingin melihat neraka jangan mengajak ku turut serta
****
Cinta bukan sekedar kasih sayang dan saling memiliki, tapi cinta merupakan penyatuan dua jiwa menjadi sebuah harmoni
****
Terkadang aku melupakan mu tuhan, tapi jangan karena kealpaan ku itu, kau padamkan lampu di hatiku
****
Diri kita adalah apa yang telah tuhan ciptakan kepada kita, maka jangan sia-siakan dirimu dan diriku
****
Jangan pernah bicara keadilan di telingaku, karena aku tidak pernah mendapatkan itu di negeri ini
****
Kemaren malam aku bertemu dengan teman lamaku, aku bertanya bagaimana kabarnya, lalu dia menjawab “baik” tanpa menatap mataku dan seolah-olah dia menganggapku seperti batu
****

Cinta adalah hal terhebat yang pernah aku temukan dan cinta adalah hal tersedih yang pernah aku rasakan
****
Aku berharap hatiku dan hatimu lembut seperti kain sutra dan tidak keras seperti batu walaupun aku dan kamu berada di bawah ketidakadilan
****
Jika aku bisa berkhayal dan sambil berharap, aku ingin menjadi air yang bisa menghancurkan batu karang yang sangat keras dan menjadi elang yang bisa terbang sampai ke ujung dunia
****
Aku ingin mendengar nasehat dan dipimpin satu hati yang berisi kebijaksanaan dan kewibawaan dan bukan satu hati yang berisi uang dan harta
****
Temanku berkata, “aku ingin lari dari kenyataan”, dan temanku yang lain menjawab,”hadapilah kenyataan bukan lari dari kenyataan”
****
Pernah pada saat aku melakukan kesalahan dan kebodohan aku tidak menyadarinya, dan saat aku berkaca di cermin jiwa aku melihat kesalahan dan kebodohan yang telah kulakukan
****
Jika tidak ingin dianggap seorang yang munafik oleh orang lain, jangan pernah mengatakan “aku berhenti” tetapi tetap melakukannya juga
****
Aku menganggap hidup ini adalah sebuah pendakian gunung yang harus aku lalui, betapapun susahnya aku harus mencapai puncak
****
Betapa bodoh dan hinanya diriku pada saat aku memendam perasaan cinta dan tidak mengatakannya kepada seseorang yang aku cintai
****
Menurutku mencintai dan dicintai adalah dua hal yang berbeda, mencintai belum tentu dicintai dan dicintai belum tentu mencintai
Saat langit cerah menjadi mendung, di saat itulah hujan gerimis mulai turun membasahi bumi, dan di saat hatiku yang cerah berubah menjadi mendung, di saat itulah airmata mulai turun membasahi muka
****
Sangat munafik, di kala aku menjadi seorang pemimpin, tetapi di kala itu pula rakyat ku mati kelaparan
****
Seseorang yang menganggap dirinya benar di depan semua orang tetapi dia sama sekali tidak mengetahui apa arti kebenaran sama juga dengan sebuah kaleng kosong
****
Pada saat aku berjalan aku pernah bertanya pada seorang kakek tua yang bekerja sebagai kuli angkut, aku bertanya padanya, mengapa kau bersusah payah bekerja seperti ini, kemana anak-anakmu? Lalu ia menjawab anakku telah hidup dengan seseorang yang ia cintai, sehingga dia melupakan aku karena cintanya
****
Lebih baik aku tersenyum pada saat aku marah daripada bermuram durja pada saat aku bergembira
****
Dulu aku seringkali membicarakan kekurangan orang lain, sekarang orang-orang tertawa di depan ku saat melihat kekuranganku
****
Putus asa saat kegagalan menghadang diriku adalah hal terbodoh yang pernah aku lakukan dan terus berusaha dan berdoa saat kegagalan menghadang adalah hal terhebat yang pernah aku lakukan
****
Seorang pemulung sampah lebih mulia dibanding dengan seorang pencuri harta rakyat tanpa dipenjara
****
Aku percaya pada semua orang, tapi aku tidak akan pernah percaya pada setan yang ada di dalam hati orang-orang itu
****
Teman lamaku pernah berkata, “lebih baik aku mati daripada hidup tanpa cintanya, dan kemudian aku kembali berkata, “lebih baik kau hidup utuk mencari cinta yang tulus
****
Dahulu aku seringkali membicarakan kekurangan orang lain, namun sekarang orang-orang menertawakanku saat melihat kekuranganku
****
Jika kau tidak ingin seseorang berjalan di atas kepalamu, jangan berjalan di atas kepala orang lain
****
Sahabat berkata kepadaku, “aku ingin sekali mencintai dan dicintai, lalu aku berkata, “bukalah hati dan jiwamu untuk orang lain
****
Hari ini satu cinta menolakku, mungkin hari esok satu cinta akan datang menghampiriku dan menjadi penyejuk hatiku
****
Aku pernah mendengakan pembicaraan dua orang, yang satu si putus asa dan yang lain adalah si pejuang, si putus asa berkata, “lebih baik aku mati daripada hidup menyulitkan orang lain, dan si pejuang menjawab, “lebih baik aku hidup dan menjadi orang yang berguna untuk orang lain
****
Pernah dalam satu hari aku menjadi seorang kuli di sebuah pasar, dan hal itu membuat hidupku menjadi lebih bermakna
****
Jika aku malas untuk bergerak maju, maka aku akan mundur dan miskin selamanya
****
Keangkuhan, kebencian, iri dan dengki yang tertumpuk di dalam hati merupakan lambang kemiskinan jiwa
****
Lebih baik aku meyakinkan diriku untuk berkata “tidak” daripada aku memaksakan diri untuk berkata “ya” tetapi tanpa alasan dan kebenaran yang jelas
****
Aku ingin menjadi orang yang sederhana yang kaya akan pengalaman hidup dan aku tidak ingin menjadi orang kaya yang miskin pengalaman hidup
****
Pembuktian diri kita tentang sebuah kejujuran adalah melalui sebuah tindakan yang nyata dan bukan kebohongan belaka
****
Hidup berdampingan dengan orang lain sama halnya dengan seekor burung yang memerlukan sarang untuk hidup
****
Satu hal ingin aku banggakan dari diriku sendiri adalah kesederhanaan dalam menjalani hidup bukan kekayaan yang aku miliki
****
Lebih baik aku bekerja di bawah teriknya sinar matahari daripada bekerja didalan sebuah gedung mewah tapi tidak bermanfaat untuk orang banyak
****
Sekali dalam seumur hidupku, aku merasakan penyesalan yang mendalam, ketika aku tidak pernah meminta maaf atas kesalahan yang pernah kuperbuat pada seseorang
****
Sekarang aku telah menjadi pekerja keras dan tekun, karena aku belajar dari kemalasan ku di masa lalu
****
Aku pernah terjebak dalam gelapnya dunia, tetapi dengan doa dan niat yang tulus, aku menemukan lampu yang membawa ku ke dalam terangnya dunia
****
Jadikan dunia hitam yang pernah kita alami dan kita lalui menjadi sebuah pengalaman untuk menjadi seseorang yang bermanfaat bagi orang lain
****
Giat dan tekun adalah pohon kehidupan sedangkan keberhasilan adalah buah dari pohon kehidupan itu
****
Di dunia ini aku telah melihat sebuah ketulusan hati dari seorang buta yang berusaha untuk menghadapi kehidupan walaupun ada sesuatu yang kurang pada dirinya
****
Menurut pandanganku, kesabaran dan ketenangan hati adalah kemarahan dan emosi yang tertunda
****
Hari ini aku tertawa melihat kegagalan orang lain, bisa jadi esok aku ditertawakan karena kegagalanku dan lusa aku merasa tidak punya harga diri untuk hidup di dunia ini
****
Menurutku mimpi dan keinginan yang dijalankan dan diusahakan adalah sebuah motivasi untuk mencari hal-hal yang terbaik menuju tangga kesuksesan
****
Pernah aku berdialog dengan seorang yang buta matanya, dan dia berkata, “aku menerima kebutaanku dengan hati yang ikhlas dan aku bersyukur karena tuhan menganugerahkan hati yang tidak buta untukku”
****
Manusia cenderung bertanya pada saat tidak mengetahui sesuatu, dan terkadang sangat angkuh karena memiliki pengetahuan
****
Hidup di dunia ini adalah untuk mencari berkah dari sang pencipta dan bukan untuk mencari kenikmatan yang diberkahi oleh setan
****
Dalam pencarianku akan tuhan, aku menemukan berbagai rintangan dan salah satunya adalah ranjau-ranjau neraka
****
Hidup sederhana lebih menggembirakan dan menyenangkan daripada hidup penuh harta tapi menyedihkan dan mengharukan
****
Bagaimana cara kita untuk tidak bangga dengan apa yang kita miliki dan orang lain tidak memilikinya, temukan jawabannya dalam pelupuk hati kita masing-masing
****
Aku banyak belajar dari seorang yang kaya akan pengalaman hidup dan aku tidak ingin menerima pelajaran dari seorang yang berbicara tanpa bukti
****
Pada saat aku berlari mengejar impian dan aku jatuh ke dalam lubang kegagalan, kemudian aku kembali bangkit dari jatuhku dan di saat itu juga aku melihat cahaya keberhasilan di depanku
****
Menurutku kegagalan demi kegagalan yang kita alami dan adalah hal yang biasa, sedangkan keberhasilan yang kita raih melalui sebuah kegagalan yang kita alami adalah hal yang luar biasa
****
“Aku ingin hidup mandiri dan berdiri sendiri”. Sebuah kata-kata yang mudah diucapkan dan sebenarnya sangat sulit untuk dilakukan
****
Seseorang yang kaya berbicara tentang kesempurnaan jiwa kepadaku, kemudian aku berkata kesempurnaan bukan milik kita, melainkan milik sang penguasa alam, sesaat kemudian ia pergi meninggalkanku
****
Menjadi seorang penyabar yang gagal lebih baik daripada menjadi pemarah yang berhasil
****
Berhasil dalam hidup bukan berarti menjadi seorang yang berharta, tetapi berhasil dalam hidup adalah menjadi seseorang yang sederhana
****
Hal bodoh yang pernah aku lakukan adalah aku menangis pada saat aku gagal meraih suatu impian
****
Keputusasaanku akan sesuatu, menjadikanku orang yang sulit untuk mendapatkan jalan untuk menemukan secercah cahaya keberhasilan
****
Dalam roda kehidupan yang terus berputar, terkadang seseorang berada di bawah dan tidak dipungkiri pula seseorang itu akan berada di atas karena kesabarannya
Pada saat ingin menaiki sebuah tangga kesuksesan yang aku buat sendiri, aku lupa membawa serta keyakinan keteguhan hatiku, dan karena itu aku kembali terperosok jatuh
****
Pernah sekali dalam hidupku, aku merasa tidak yakin terhadap diriku sendiri tentang sesuatu yang aku jalani dan akhirnya aku terjebak di ruang kegagalan
****
Aku menangis pada saat ingin menentukan dua pilihan yang aku sukai, dan aku termasuk orang yang sangat bodoh jika tidak bisa menentukan pilihanku
****
Seseorang teman berapi-api menyatakan pendapatnya kepadaku, aku mendengarkannya dan saat giliranku memberikan pendapatku ia segera berpaling dariku, dalam hatiku aku berkata “sungguh aku kasihan terhadap dirimu”
****
Sahabatku menyatakan ingin sekali merasakan apa yang namanya cinta sejati, dan aku berkata padanya, “temukan cinta itu didalam hatimu yang telah tertutup oleh debu-debu kebencian masa lalumu”
****
Penolakan rasa cinta yang kita terima bukan berarti hidup ini telah berakhir melainkan sebuah awal kehidupan untuk menemukan rasa cinta yang abadi
****
Seorang karib mengatakan padaku bahwa cinta itu menyakitkan hatinya, dan aku mencoba memberikan opiniku padanya dan berkata, “ cinta tidak akan menyakitkan bila dua jiwa yang merasakannya saling menghargai cinta itu sendiri”
****
Kau cantik dan mempesona pada saat kita bertemu, tetapi aku tidak tahu apakah hatimu juga cantik dan mempesona seperti parasmu
****
Sifat dan kelakuanku yang menyakiti hati orang lain merupakan cerminan dari hatiku yang keropos termakan rasa kebencian
****

Aku ingin memberikan hal yang terbaik untuk diriku, karena aku tidak ingin hal yang terburuk menjadi bagian dari diriku
****
Mencoba segala sesuatu yang terbaik untuk sebuah keberhasilan sama halnya dengan mendaki sebuah gunung terjal untuk mencapai puncaknya
****
Hancur hatiku pada saat melihat seorang bocah menangis karena kelaparan dan seorang bocah lain tertawa sambil mengunyah makanan di mulutnya
****
Satu orang menyatakan dirinya jenius tetapi tanpa bukti dan satu orang lagi menyatakan dirinya benar tetapi tanpa kebenaran serta satu orang yang lain menyatakan dua orang ini sama-sama berjiwa kosong
****
Barangkali satu masalah akan terpecahkan apabila dipecahkan oleh sepuluh kepala
****
Air mata ini mungkin telah kering dan tidak lagi mengalir, pada saat aku melihat bocah yang mengangkat beban yang sangat berat untuk bertahan hidup
****
Terkadang di kala jiwa kita sehat kita melupakan tuhan, dan dikala jiwa kita sakit, pada saat itu kita menyebut nama tuhan
****
Menurutku orang yang pandai adalah orang yang memberikan ilmu yang dimilikinya untuk orang lain
****
Pada saat aku menjadi orang kaya, aku tidak pernah mau menerima nasehat dari orang lain dan pada saat aku jatuh miskin tidak seorangpun memberikan nasehat padaku
****
Aku menyatakan pendapatku pada saat hatiku sedang ingin menyampaikannya dan pada saat orang lain ingin mendengarnya
****

Hari ini aku bicara tentang keadilan, mungkin hari esok aku lupa tentang keadilan yang pernah aku bicarakan karena jabatan dan kedudukan yang tinggi
****
Barangkali penderitaan yang kita rasakan dengan ketabahan pada saat ini merupakan kegembiraan di masa depan
****
Aku tidak ingin merasakan kesenangan yang berlebihan dalam kehidupan tetapi aku ingin merasakan kegembiraan dalam menjalani hidup ini
****
Terkadang satu hal yang sulit kita pelajari dalam hidup ini adalah bagaimana cara menerima kekalahan dengan ketabahan
****
Di saat rakyat melarat, di saat itu pula saudara birokratku meminta upah lebih untuk kehidupannya
****
Aku dan saudara ku hidup untuk melawan kemiskinan, sementara disisi lain saudara penguasa ku hidup hanya untuk menumpuk kekayaan
****
Ketakutan yang muncul dari dalam diriku semata-mata muncul karena ketidak percayaanku terhadap diriku sendiri
****
Karena kelaliman dan ketamakanku di masa lalu, sekarang aku menjadi orang yang penuh dengan rasa putus asa
****
Ternyata semua hal yang ingin ku raih tidak pernah tercapai, aku memakluminya dan setidaknya aku pernah mencoba dan berdoa untuk meraihnya
****
Bagaimana aku bisa membalikkan keadaanku yang berada di bawah, sementara di saat bersamaan aku hanya berjuang setengah hati
****

Terkadang aku sedikit berbohong dan bicara banyak hanya untuk meyakinkan orang lain bahwa diriku hebat, sungguh munafiknya diriku
****
Saat saudara pejabatku hidup di istana megah, disisi lain saudaraku yang lain hanya hidup beratapkan langit dan beralaskan tanah
****
Jika ingin berhenti melakukan sesuatu yang buruk, jangan bicara untuk berhenti melalui mulutmu, tetapi bicara melalui hatimu
****
Laik hidup sederhana tanpa dipenjara daripada hidup bergelimang harta di penjara
****
Di dunia aku pernah dipenjara karena kebodohanku, tapi aku tidak inging masuk ke penjara api hanya karena kebodohanku
****
Ikutilah cahaya yang terang dalam hidup dan lupakanlah kegelapan dalam hidup
****
Aku melihat dunia lebih jelas pada saat roda kehidupanku berada di bawah, dan aku melihat dunia menjadi sempit pada saat roda kehidupanku berputar menuju ke atas
****
Kegagalan bukanlah akhir dari hidupmu, tetapi lebih merupakan awal untuk memulai hidup yang lebih baik
****
Kesombongan diri merupakan cerminan dari hati yang telah termakan bakteri-bakteri ketamakan
****
Terlalu banyak hal yang harus kita lakukan di dunia ini, tetapi satu hal yang tidak bisa lupakan adalah memberikan pujian pada langit
****
Orang modern adalah orang yang mengahdapi masalahnya dengan tidak menggunakan emosinya
****
Berusaha, berdoa dan pantang menyerah adalah cirri-ciri orang yang di cintai tuhan
****
Seorang pemimpin yang telah dipilih rakyatnya berarti ia telah diberi kehormatan oleh rakyat, jika ia menjunjung tinggi kehormatan yang telah diberikan, ia adalah seorang penyelamat sejati, jika ia menginjak-injak kehormatan yang telah diberikan, berarti ia dalah seorang pengkhianat sejati
****
Selalu menyapa orang lain dengan senyuman adalah sahabat sang nabi, selalu menghina dan memfitnah orang lain adalah sahabat sejati sang iblis
****
Orang yang bijaksana adalah pendamping sang nabi di surga, sedangkan orang yang angkuh adalah pendamping setan di neraka
****
Menghadapi penderitaan hidup dengan senyuman dan usaha sangat dekat dengan tuhan, sedangkan menghadapi penderitaan dengan bermuram durja dan kemalasan sangat dekat dengan setan
****
Menurutku di dunia ini lebih mudah mencari sahabat dan lebih susah mencari musuh asalkan hidup berdampingan dan senyuman
****
Hari ini aku melihat air mata karena ketidakadilan, esok mungkin aku melihat kemarahan karena ketidakperdulian, dan lusa bisa saja aku melihat kematian karena ketidakadilan
****
Rahasia dibalik kegagalan yang dihadapi dengan kesabaran hati adalah akan datangnya nikmat tuhan dan keberhasilan
****
Seseorang yang sabar dan selalu mencium bumi ini 30 kali sehari, akan membuat hatinya lebih dekat dengan tuhan dan menjadikan hidupnya lebih bermakna
****
Aku dan kamu versus setan, siapa yang akan jadi pemenang? Temukan jawabanya di dalam hati kita masing-masing
***
Keberhasilan di masa depan adalah kegagalan demi kegagalan yang kita lalui di masa sekarang
***
Pengemis yang jujur sangat tinggi kedudukannya di mata tuhan daripada pejabat yang menipu rakyat
***
Keindahan seorang perempuan bukan dilihat dari paras cantikya, tetapi keindahan itu dilihat dari kecantikan hati dan perbuatannya
***
Orang yang terhormat di mata tuhan adalah orang yang menerima kekurangan yang ada dalam dirinya dan tidak membandingkan kelebihan yang dimilikinya dengan kekurangan orang lain
***
Sungguh bodoh jika aku bersahabat dengan orang yang yang selalu tertawa bersama di saat aku senang dan lari pada saat aku sedang menangis
***
Cinta kadang seperti surga, aman dan damai, tetapi cinta kadang seperti neraka, panas dan tersiksa
***
Seorang penyabar yang bodoh lebih pintar daripada penipu yang pintar, karena penyabar bekerja dengan hatinya, bukan dengan nafsunya
***
Berapa banyak hati yang hancur ketika seorang raja memerintah untuk kepentingannya sendiri?
***
Hak cipta tulisan ini milik penulis yang tersebut di blog ini, dan dilindungi oleh Undang-undang. Dilarang mendownload, mengcopy, dan/atau menggunakan tulisan ini dalam bentuk / keperluan apapun tanpa seijin penulis

1 komentar: